Sunday, October 31, 2010

SIA2 : bab 3

Introduction to E-Business

E-bisnis mengacu pada semua penggunaan kemajuan teknologi informasi (TI), terutama jaringan dan teknologi komunikasi, untuk meningkatkan cara-cara di mana sebuah organisasi melakukan semua proses bisnisnya.
E-bisnis mencakup interaksi eksternal organisasi dengan nya:
-Pemasok
-Pelanggan
-Investor
-Kreditor
-Pemerintah
-Media
E-bisnis meliputi penggunaan TI untuk merancang ulang proses internal.
Untuk organisasi di banyak industri, terlibat dalam e-bisnis adalah suatu keharusan.
Terlibat dalam e-bisnis di dan dari dirinya sendiri tidak memberikan keunggulan kompetitif.
Namun, e-bisnis dapat digunakan untuk lebih efektif melaksanakan strategi dasar dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan rantai nilai.

E-Business Model
Bisnis ke Konsumen (B2C): Interaksi antara individu dan organisasi.
Bisnis ke Bisnis (B2B): interorganizational e-bisnis.

Kategori E-Business
B2C
-Karakteristik:
-Organisasi-masing
-Kecil nilai dolar
-One-time atau transaksi jarang
-Relatif sederhana

B2B, B2G, B2E
Karakteristik:
-Interorganisasional
-Lebih besar nilai dolar
-Didirikan, berlangsung hubungan
-Perpanjangan kredit oleh penjual kepada pelanggan
-Lebih kompleks

E-Bisnis Pengaruh terhadap Proses Bisnis
-Electronic Data Interchange (EDI): protokol standar, tersedia sejak tahun 1970-an, untuk elektronik mentransfer informasi antara organisasi dan di seluruh proses bisnis.
-EDI: Meningkatkan akurasi dan biaya Cuts

Recent EDI Fasilitator
EDI-tradisional itu mahal. perkembangan baru yang telah menghapus biaya barrier ini adalah:
-Internet: Menghilangkan kebutuhan untuk khusus jaringan pihak ketiga proprietary.
-XML: Extensible Markup Language - Menetapkan standar untuk mendefinisikan isi data pada halaman Web.
-EbXML: Mendefinisikan standar untuk pengkodean dokumen bisnis umum, Menghilangkan kebutuhan software yang kompleks untuk menerjemahkan dokumen yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda.

Keuangan Electronic Data Interchange (Fedi)
-Penggunaan EDI untuk bertukar informasi hanya bagian dari hubungan pembeli-penjual dalam bisnis-bisnis-perdagangan elektronik.
-Elektronik dana transfer (EFT) adalah melakukan pembayaran tunai secara elektronik, bukan dengan cek.
-EFT biasanya dilakukan melalui sistem perbankan Automated Clearing House (ACH) jaringan.
-Penggunaan EDI untuk bertukar informasi hanya bagian dari hubungan pembeli-penjual dalam bisnis-bisnis-perdagangan elektronik.
-Elektronik dana transfer (EFT) adalah melakukan pembayaran tunai secara elektronik, bukan dengan cek.
-EFT biasanya dilakukan melalui sistem perbankan Automated Clearing House (ACH) jaringan.
-Sebuah kredit ACH adalah perintah kepada bank Anda untuk mentransfer dana dari rekening Anda ke account lain.
-Sebuah debit ACH adalah perintah kepada bank Anda untuk mentransfer dana dari account menjadi milikmu.

ASP
Sebuah Application Service Provider (ASP) adalah perusahaan yang menyediakan akses ke dan penggunaan program aplikasi melalui Internet.
ASP memiliki dan host perangkat lunak; mengakses organisasi kontraktor perangkat lunak melalui Internet.


Faktor-faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengevaluasi ASP
Keuntungan
Menurunkan biaya
Otomatis upgrade ke versi perangkat lunak
Perlu lebih sedikit di rumah staf TI
Mengurangi kebutuhan hardware
Keluwesan
Pengetahuan dukungan
Keamanan dan privasi data

Kekurangan
Viabilitas ASP
Keamanan dan privasi data
Ketersediaan dan kehandalan pelayanan
Dukungan atau respon yang tidak memadai miskin untuk masalah
Standar perangkat lunak yang mungkin tidak memenuhi semua kebutuhan yang disesuaikan

Faktor-faktor yang Termasuk dalam Perjanjian Tingkat Layanan
a.Detailed spesifikasi kinerja yang diharapkan ASP
-Uptime
-Frekuensi backup
-Penggunaan enkripsi
-Data akses kontrol
b.Remedies atas kegagalan ASP untuk memenuhi kontrak tingkat pelayanan
c.Ownership data yang tersimpan di ASP

Outbound Logistics
E-bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan outbound penjual 'logistik.
-Tepat waktu dan akurat akses ke informasi pengiriman rinci.
optimasi-Inventarisasi.
-Untuk barang dan jasa yang dapat didigitalkan, fungsi logistik outbound dapat dilakukan sepenuhnya elektronik.

Penjualan dan Pemasaran
-Perusahaan dapat membuat katalog elektronik untuk mengotomatisasi entry order penjualan.
-Secara signifikan mengurangi kebutuhan staf.
-Kustomisasi iklan

Pasca-Jual Dukungan dan Layanan
-Konsisten informasi kepada pelanggan.
-Memberikan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan (FAQ).

E-Business Faktor Sukses
-Tingkat dimana e-kegiatan usaha sesuai dan mendukung strategi bisnis secara keseluruhan organisasi.
-Kemampuan untuk menjamin bahwa e-bisnis proses memenuhi tiga karakteristik kunci dari setiap transaksi bisnis: Validitas, Integritas, Privasi

Enkripsi
Ada dua jenis utama sistem enkripsi:
sistem-Single-key: kunci yang sama digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan: Simple, cepat, dan efisien. Contoh: Data Encryption Standard (DES) Algoritma
-Public Key Infrastructure (PKI): menggunakan dua kunci: kunci publik tersedia untuk umum dan biasanya digunakan untuk mengkodekan pesan, dan kunci pribadi dirahasiakan dan hanya diketahui oleh pemilik dari sepasang kunci. Biasanya digunakan untuk memecahkan kode pesan

Kelebihan & Kekurangan PKI
Keuntungan
-Tidak perlu berbagi kunci
-Lebih aman dibandingkan dengan sistem single-key

Kekurangan
-Jauh lebih lambat dibandingkan dengan sistem single-key


Tanda tangan digital dan Digests
tanda tangan digital: Sebuah pesan elektronik yang secara unik mengidentifikasi pengirim pesan itu.
-Digest: Pesan yang digunakan untuk membuat tanda tangan digital atau ringkasan digital.
Jika ada karakter individu dalam perubahan dokumen asli, nilai cerna juga berubah.Hal ini memastikan bahwa isi dokumen bisnis tidak pernah diubah atau rusak selama transmisi
Digital-Sertifikat & Otoritas Sertifikat
Digital Sertifikat: Digunakan untuk memverifikasi identitas owner.A sertifikat digital kunci publik mengidentifikasi pemilik sebuah kunci pribadi tertentu dan kunci publik yang sesuai, dan jangka waktu selama sertifikat berlaku.
Sertifikat digital dikeluarkan oleh pihak ketiga yang handal, yang disebut Certificate Authority, seperti: Verisign, Entrust, Digital Signature Trust
tanda tangan digital otoritas sertifikat juga disertakan pada sertifikat digital sehingga validitas sertifikat juga dapat diverifikasi.

Jenis Jaringan
-Jaringan global yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk melakukan perdagangan elektronik dan untuk mengelola operasi internal terdiri dari dua komponen: bagian pribadi yang dimiliki atau disewa oleh perusahaan, Internet

Bagian swasta dapat dibagi lagi menjadi dua himpunan bagian:
-Jaringan area lokal (LAN) - suatu sistem komputer dan perangkat lain, seperti printer, yang terletak di dekat satu sama lain.
-Wide area network (WAN) - mencakup wilayah geografis yang luas.

Perusahaan biasanya memiliki semua peralatan yang membentuk area lokal mereka jaringan (LAN).
Mereka biasanya tidak memiliki sambungan komunikasi data wide area network mereka (WAN) jarak jauh.
Mereka kontrak baik untuk menggunakan jaringan nilai-tambah (VAN) atau menggunakan internet.
Internet adalah jaringan internasional komputer (dan jaringan yang lebih kecil) semua saling berhubungan.
Apakah tulang punggung Internet? sambungan-sambungan yang menghubungkan komputer-komputer bersama-sama. Bagian dari backbone dimiliki oleh penyedia layanan Internet utama (ISP).

Apa itu Intranet?
Intranet merujuk pada jaringan internal yang terhubung ke Internet utama.
Mereka bisa dinavigasi dengan software browser yang sama, tetapi tertutup dari masyarakat umum.

Apa extranet?
Extranet menghubungkan intranet dari dua atau lebih perusahaan.
Entah Internet atau VAN dapat digunakan untuk menghubungkan perusahaan membentuk ekstranet.
jaringan nilai-tambah (VAN) lebih handal dan aman dibandingkan Internet, tetapi mereka juga mahal

Komponen Sistem Komunikasi Data
Ada lima komponen dasar dalam jaringan komunikasi data (apakah itu Internet, LAN, WAN, atau VAN):
1.The perangkat dikirim
2.Aktifitas komunikasi perangkat antarmuka
3.Setelah saluran komunikasi
4.The perangkat penerima

Perangkat lunak komunikasi
Berikut ini adalah komponen dari model komunikasi data:
-Interface perangkat
-Perangkat lunak komunikasi
-Komunikasi saluran

Interface Devices
Ada enam perangkat antarmuka dasar komunikasi yang digunakan dalam jaringan yang paling:
-Jaringan kartu antarmuka
-Modem
-Remote perangkat akses
-Hubs
-Switch
-Router

Perangkat Lunak Komunikasi
perangkat lunak Komunikasi mengelola aliran data melalui jaringan.
Ini melakukan fungsi-fungsi berikut:
-Kontrol akses
-Manajemen jaringan
-Data dan transmisi file
-Kesalahan deteksi dan kontrol
-Keamanan data

Saluran Komunikasi
Saluran komunikasi adalah media yang menghubungkan pengirim dan penerima.
-Standar jaringan telepon
-Kabel koaksial
Serat optik
-Microwave sistem
-Komunikasi satelit
-Selular radio dan telepon

Konfigurasi Jaringan Pilihan
jaringan area lokal (LAN) dapat dikonfigurasi dalam satu dari tiga cara dasar:
konfigurasi-Star
konfigurasi-Ring
-Bus konfigurasi
Sebuah konfigurasi bintang adalah LAN dikonfigurasi sebagai bintang, masing-masing perangkat terhubung langsung ke server pusat.
Semua komunikasi antara perangkat dikendalikan oleh dan disalurkan melalui server pusat.
Biasanya, setiap perangkat server jajak pendapat untuk melihat apakah ia ingin mengirim pesan
Konfigurasi bintang adalah cara yang paling mahal untuk membuat LAN, karena memerlukan jumlah terbesar kabel.
Dalam LAN dikonfigurasi sebagai cincin, setiap node terhubung langsung dengan dua node lain.

Wide area networks (WAN) dapat dikonfigurasi dalam satu dari tiga cara dasar:
-Dalam sebuah WAN terpusat, semua terminal dan perangkat lain yang terhubung ke komputer perusahaan pusat.
-Dalam sebuah WAN desentralisasi, setiap unit departemen memiliki komputer sendiri dan LAN.
Desentralisasi sistem biasanya lebih mampu memenuhi departemen individu dan kebutuhan pengguna daripada sistem terpusat.

-Sebuah sistem pengolahan data terdistribusi WAN pada dasarnya adalah gabungan dari pendekatan sentralisasi dan desentralisasi.

Banyak WAN, dan LAN kebanyakan, ditetapkan sebagai client / sistem server.
Setiap komputer desktop disebut sebagai klien.
klien mengirimkan permintaan data ke server.
Server melakukan preprocessing pada database dan mengirim hanya subset yang relevan dari data ke client untuk pemrosesan lokal

No comments:

Post a Comment