Sunday, October 31, 2010

SIA2 : bab 1

Apakah yang dimaksud dengan SIA?
Sebuah sistem adalah seperangkat dua atau lebih komponen yang saling terkait yang berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Sistem hampir selalu terdiri dari subsistem yang lebih kecil, masing-masing melaksanakan fungsi tertentu mendukung sistem yang lebih besar.

Sebuah sistem informasi akuntansi (SIA) terdiri dari:
-Orang
- Prosedur
- Data
- Software
-Teknologi informasi

Apa fungsi penting tidak SIA tampil dalam sebuah organisasi?
1 ini mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
2 Ini proses data menjadi informasi yang berguna untuk membuat keputusan.
3 ini memberikan kontrol yang memadai untuk menjaga aset organisasi.


Subsistem dasar dalam SIA
1 Siklus pengeluaran: mencakup kegiatan pembelian dan membayar untuk barang atau jasa yang digunakan oleh organisasi.
2 Siklus produksi: mencakup kegiatan konversi bahan baku dan tenaga kerja menjadi barang jadi.
3 Sumberdaya manusia / siklus penggajian: melibatkan kegiatan perekrutan dan membayar karyawan.
4 Siklus Pendapatan: mencakup kegiatan penjualan barang atau jasa dan mengumpulkan pembayaran bagi mereka penjualan.
5 Siklus pendanaan: melibatkan kegiatan mendapatkan dana yang diperlukan untuk menjalankan organisasi, membayar kreditur, dan mendistribusikan keuntungan kepada investor.

Mengapa Studi AIS?
 Dalam Pernyataan Konsep Akuntansi Keuangan No 2, FASB The ...
- Akuntansi didefinisikan sebagai suatu sistem informasi.
- Menyatakan bahwa tujuan utama akuntansi adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi pengambil keputusan.
 Pendidikan Akuntansi Perubahan Komisi merekomendasikan bahwa kurikulum akuntansi harus menekankan ...
- Akuntansi yang merupakan identifikasi informasi, pengembangan, pengukuran, dan proses komunikasi, dan ...
- Bahwa kurikulum akuntansi menekankan:
- Penggunaan informasi dalam pengambilan keputusan.
- Sifat, desain, penggunaan, dan pelaksanaan suatu AIS.
- Pelaporan informasi keuangan.

 Untuk memahami bagaimana sistem akuntansi bekerja.
 Bagaimana untuk mengumpulkan data tentang kegiatan organisasi dan transaksi
 Bagaimana mengubah data menjadi informasi bahwa manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi
 Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, dan akurasi informasi yang
Auditor  perlu memahami sistem yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan.
 Pajak profesional perlu memahami cukup tentang SIA klien untuk menjadi yakin bahwa informasi yang digunakan untuk perencanaan pajak dan kerja kepatuhan adalah lengkap dan akurat.
 Salah satu tipe yang paling cepat berkembang memerlukan jasa konsultasi desain, pemilihan, dan implementasi Sistem Informasi Akuntansi baru.
 Sebuah survei yang dilakukan oleh Institut Akuntan Manajemen (IMA) menunjukkan bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan sistem akuntansi adalah aktivitas yang paling penting yang dilakukan oleh akuntan perusahaan.

Teknologi Informasi dan Strategi Perusahaan
 Survei yang sama dilakukan oleh Institute of Management Akuntan (IMA) juga menunjukkan bahwa aktivitas pekerjaan kedua yang paling penting dari akuntan perusahaan adalah perencanaan strategis jangka panjang.
 Salah satu aspek penting dari topik ini adalah bagaimana menyelaraskan teknologi informasi (TI) dengan strategi organisasi

Penetapan CITP
 CITP: Teknologi Informasi Certified Professional
Mengidentifikasi  CPA yang memiliki berbagai pengetahuan teknologi dan cara di mana teknologi informasi (TI) dapat digunakan untuk mencapai tujuan bisnis
 Mencerminkan pengakuan AICPA tentang pentingnya dan hubungan timbal balik TI dengan akuntansi

Sepuluh Paling Penting Aktivitas Dilakukan Oleh Akuntan
1. Jangka panjang perencanaan strategis
2. Mengelola fungsi akuntansi dan keuangan
3. Sistem akuntansi dan pelaporan keuangan
4. Konsultasi internal
5. Penganggaran jangka pendek
6. 6. Proses perbaikan
7. 7. Komputer dan sistem operasi
8. 8. Evaluasi kinerja
9. 9. Nasabah dan analisis profitabilitas produk

Rantai Nilai
 Tujuan utama dari setiap bisnis adalah untuk memberikan nilai kepada pelanggan.
 Sebuah bisnis akan menguntungkan jika nilai itu menciptakan lebih besar dari biaya produksi produk atau jasa.
 rantai nilai Suatu organisasi terdiri dari sembilan kegiatan saling terkait yang secara kolektif menjelaskan segala hal.
 Kelima kegiatan utama terdiri dari kegiatan yang dilakukan dalam rangka menciptakan, pasar, dan memberikan produk dan layanan kepada pelanggan dan juga untuk memberikan layanan pasca-penjualan dan dukungan.
 Empat mendukung kegiatan dalam rantai nilai memungkinkan kegiatan utama yang akan dilakukan secara efisien dan efektif.
Sistem Nilai
 Konsep rantai nilai dapat diperpanjang dengan mengakui bahwa organisasi harus berinteraksi dengan pemasok, distributor, dan pelanggan.
 rantai nilai Suatu organisasi dan rantai nilai dari pemasok, distributor, dan pelanggan secara bersama membentuk suatu sistem nilai

Bagaimana Sebuah SIA Dapat Menambah Nilai Untuk Organisasi An
 Sebuah SIA menambah nilai ...
- Dengan memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga lima kegiatan rantai nilai utama dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Hal ini dilakukan oleh:
- Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk atau jasa.
Sebuah AIS bisa ...
- Meningkatkan efisiensi.
- Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan.
- Meningkatkan berbagi pengetahuan.
 Sebuah SIA yang dirancang dengan baik juga dapat membantu sebuah organisasi nirlaba dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas rantai suplai.
Informasi dan Pengambilan Keputusan
 Apakah informasi?
 Data merujuk pada setiap dan seluruh fakta-fakta yang dikumpulkan, disimpan, dan diproses oleh sistem informasi.
 Informasi adalah data yang telah diorganisir dan diproses sehingga bermakna.

 Apa yang membuat keputusan?
 Pengambilan keputusan melibatkan langkah-langkah berikut:
1 Mengidentifikasi masalah.
2 Pilih metode untuk memecahkan masalah.
3 Mengumpulkan data yang diperlukan untuk melaksanakan model keputusan.
4 Interpretasikan output dari model.
5 Mengevaluasi manfaat setiap alternatif.
6 Pilih dan melaksanakan solusi yang diinginkan.

Keputusan  dapat dikategorikan sebagai berikut:
- Dalam hal tingkat struktur yang ada
- Oleh ruang lingkup keputusan

Struktur Keputusan
 terstruktur keputusan berulang, rutin, dan dipahami cukup baik sehingga mereka dapat didelegasikan kepada karyawan tingkat bawah dalam organisasi.
Contohnya adalah:
 Memperluas kredit kepada nasabah.
 semistructured keputusan dicirikan oleh aturan lengkap untuk membuat keputusan dan kebutuhan untuk penilaian subjektif dan penilaian untuk melengkapi analisis formal data.
Contohnya adalah:
 Menetapkan anggaran pemasaran untuk produk baru.
 Unstructured keputusan tidak berulang dan tidak rutin.
Contohnya adalah:
 Memilih penutup untuk sebuah majalah.

Keputusan Ruang Lingkup
Keputusan  bervariasi dalam hal ruang lingkup pengaruh mereka.
 Operasional kontrol berkaitan dengan kinerja yang efektif dan efisien tugas tertentu.
 Manajemen pengendalian berkaitan dengan penggunaan efektif dan efisien sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.
 Perencanaan strategis berkaitan dengan menetapkan sasaran dan kebijakan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Teknologi Informasi dan Strategi Perusahaan
 baru perkembangan TI mempengaruhi desain sebuah AIS.
 Apa persyaratan dasar yang dibutuhkan untuk mengevaluasi biaya dan manfaat dari perkembangan baru TI?
 Mengembangkan pemahaman dasar ...
- Strategi perusahaan.
- Bagaimana perkembangan TI dapat digunakan untuk menerapkan strategi organisasi yang ada.
- Bagaimana perkembangan TI dapat digunakan untuk menciptakan kesempatan untuk mengubah strategi yang ada.
- Karena sebuah fungsi AIS dalam sebuah organisasi, maka harus dirancang untuk mencerminkan nilai-nilai dari budaya organisasi.

Strategi dan Posisi Strategis
- Dua Dasar Strategi
o Untuk menjadi produsen biaya lebih rendah daripada pesaing
o Untuk membedakan produk dan jasa dari pesaing

- Tiga Posisi Strategis Dasar
o posisi strategis Variety berbasis
o posisi strategis Butuh berbasis
o posisi strategis akses berbasis

 Peran apa yang dimainkan AIS dalam membantu organisasi mengadopsi dan mempertahankan posisi strategis?
- Pengumpulan data tentang masing-masing kegiatan
- Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan oleh manajemen untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan

Masa Depan AIS
 Internet membuat strategi lebih penting daripada sebelumnya
 Enterprise resource planning (ERP) sistem adalah perkembangan baru yang mengintegrasikan semua aspek operasi perusahaan dengan AIS tradisional.
 Yang penting yang mendasari sistem ERP adalah kebutuhan dan nilai integrasi lintas-fungsional data keuangan dan data lain operasi non finansial.

No comments:

Post a Comment