Dua pandangan proses penyerahan nilai:
1.Urutan proses fisik tradisional
Membuat produk (mendisain, membeli bahan,membuat)>menjual produk(mntpkan harga, mnjual, iklan, distribusi,melayani)
2.urutan penciptaan dan pnyampaian nilai
Memilih nilai ( segmentasi planggan, seleksi pasar, pemosisian nilai)>mnyediakan nilai (pngmbngn produk, pngmbngn jasa, pnetapan harga, pnydiaan psokan) > mngkmunikasikan nilai (tnaha pnjual, promosi pnjualan, priklanan)
Konsep proses penyerahan nilai
-waktu umpan balik pelanggan nol
-waktu perbaikan produk nol
-waktu pembelian nol
-waktu penetapan nol
-kerusakan nol
Rantai nilai Generik
5kegiatan utama
-membawa bahan mentah ke perusahaan
-mengkonversi menjadi produk jadi
-mengirim produk jadi
-memasarkan
-melayani
4kegiatan penunjang
-perolehan sumber daya
-pengembangan teknologi
-manajemen SDM
-prasarana perusahaan
Proses2 bisnis inti
-proses memahami pasar
-proses realisasi produk baru
-proses mendapatkan pelanggan
-proses manajeman realisasi pelanggan
-proses manajemen pemenuhan
Karakteristik kemampuan inti
-merupakan suatu sumber keunggulan kompetitif
-memiliki aplikasi diberbagai pasar
-sulit untuk ditiru oleh pesaing
Pemasaran holistic
a.eksplorasi nilai > ruang kognitif pelanggan, ruang kompetensi perusahaan,ruang sumber daya kolaborator
b.penciptaan nilai. Memaksimalkan kmpetensi inti > pendefinisian ulang konsep bisnis,membentuk kembali lingkup bisnis, memposisikan ulang identitas merk perusahaan
c.penyerahan nilai
rencana pemasaran > instrument sentral untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan usaha pemasaran
rencana pemasaran stratejik > membentangkan pasar sasaran dan proporsi nilai yang akan ditawarkan berdasarkan pada suatu analisis peluang pasar terbaik
rencana pemsaran taktis > menspesifikasikan taktik pasar, termasuk fitur produk, promosi, perdagangan, penetapan harga, daluran penjualan dan layanan.
empat aktivitas Perencanaan stratejik divisi dan perusahaan
1.menetapkan misi perusahaan
Lingkup operasi perusahaan > industry, produk&aplikasi, kompetensi, segmen pasar, vertical, geografis.
2.mendefinisikan bisnis
Tiga karakter Strategi Unit Bisnis
-merupakan satu bisnis tunggal atau kumpulan bisnis terkait
-memiliki perangkat pesaingnya sendiri
-memiliki seorang manajer yang brtnggung jwab ats prncanaan dan kinerja laba
3.menilai peluang pertumbuhan
-pertumbuhan intensif
-pertumbuhan integrative
-pertumbuhan diversivikasi
-perampingan dan pelepasan bisnis lama
4.organisasi dan biaya orgnanisasi
Perencanaan strategi unit bisnis
1.Misi bisnis
2.Analisis SWOT
-analisis lingkungan eksternal
-analisis lingkungan internal
-analisis peluang pasar
3.Perumusan sasaran
Management by objectives :
-tujuan harus diurutkan secara hirearkis
-tujuan harus dinyatakan secara kuantitatif
-sasaran harus realistis
-tujuan perusahaan harus konsisten
4.Perumusan strategi
-strategi generic porter > keunggulan biaya secara keseluruhan, diferensiasi, focus
-aliansi strategis
5.formulasi program
6.implementasi
7.umpan balik dan pengendalian
No comments:
Post a Comment