Sunday, April 25, 2010

MP - BAB 15 – MERANCANG SALURAN

BAB 15 – MERANCANG SALURAN

System saluran pemasaran : perangkat pemasaran khusus yang digunakan oleh perusahaan. Saluran yang dipilih mempengaruhi semua keputusan pemasaran lainnya

Planggan mengharapkan integrasi saluran yang ditandai ciri2

-kemapuan memesan produk secara online dan mengambilnya dilokasi eceran terdekat

-kemampuan mengembalikan produk yang dipesan secara online ke took pengecer terdekat

-hak memperoleh diskon berdasarkan pembelian total online dan dari took

empat kategori pmbeli

a.Pembeli habitual

b.Pencari transaksi bernilai tinggi

c.pembelanja yang senang dng variasi

d.pembelanja yang tingkat keterlibatannya tinggi

peran saluran pemasaran

keuntungan:

-banyak produsen tidak memiliki sumber daya keuangan untk pmasaran langsung

-para produsen yng snang mndrikan salurannya sndri sring mndpat laba yng bsar

-pmsaran lngsng tdk dpt dlakukan

FUNGSI SALURAN

-mengumpulkan smua info mngnai calon planggan, plnggan skarang, pesaing, dan pelaku

-mngmbngkan dan mnybrkan kmuniksi prsuasif

-mncapai kspakatan mngnai harga

-mlakukan pmesanan thd produsen

-mmproleh dana untk mmbiayai prsediaan pda tngkt brbda

-mnanggung resiko yng brhbungan dng plaksana fungsi saluran

-mngatur ksinambungan pnyimpanan da prpindahan produk2 fisik

-mngtur plunasan tagihan kpd pmbeli

-mngwasi pralihan kpmimpinan actual

ALIRAN PEMASARAN

1.Aliran fisik : pemasok>perusahaan angkutan gudang>produsen> prusahaan, angkutan, gudang> penyalur> perusahaan angkutan> pelanggan

2.Aliran Kepemilikan : pemasok> produsen> penyalur> pelanggan

3.Aliran Pembayaran : pemasok<>

4.Aliran Informasi : pemasok <> prusahaan angkutan gudang<> produsen <>prusahaan angkutan gudang bank <> penyalur <> perusahaan angkutan bank <>pelanggan

5.Aliran Promosi : pemasok > perusahaan iklan> produsen> perusahaan iklan> penyalur > pelanggan

TINGKAT SALURAN

1.Saluran pemasaran konsumen

a.saluran 0 tingkat : produsen> pelanggan

b.saluran 1 tingkat : produsen> pengecer> pelanggan

c.saluran 2 tingkat : produsen> pedagang besar> pengecer> pelanggan

d.saluran 3 tingkat : produsen> pedagang besar> penyalur> pengecer> pelanggan

2.saluran pemasaran industry

a.saliran 0 tingkat : produsen > pelanggan industry

b.saluran 1 tingkat : produsen> distributor industri> pelanggan industri

c.saluran 2 tingkat : produsen > perwakilan produsen> distributor industri> pelanggan industri

d.saluran 3 tingkat : produsen > cabang penjualan produsen> distributor industri> pelanggan industry

3.saluran sector jasa

Keputusan rancangan saluran

1.menganalisis tingkat keluaran jasa yang diinginkan pelanggan

-ukuran lot

-waktu tunggu dan wakt pengiriman

-kenyamanan ruang

-keragaman produk

-dukungan layanan

2.Menetapkan tujuan dan larangannya

3.megidentifikasi alternative saluran utama

-jenis perantara bisnis yang tersedia

-jumlah perantara yang diperlukan : distribusi eksklusif(sangat membatasi) distribusi selektif

-syarat dan tanggung jwab masing2 anggota saluran: kebijakan harga, syarat penjualan, hak territorial distributor, layanan dan tanggung jawab

4.mengevaluasi alternative utama

-kriteria ekonomi

-pengendalian dan penyesuaian diri

Keputusan manajemen saluran

1.memilih anggota saluran

2.melatih anggota saluran

3.memotivasi anggota saluran

kekuasaan saluran:

-kekuatan paksaan

-kekuatan imbalan

-kekuatan yang sah

-kekuatan ahli

-kekuatan rujukan

4.mengevaluasi anggota saluran

5.mengubah susunan saluran

Sistem dan integrasi saluran

1.sistem pemasaran vertical

a.VMS korporat : menggabungkan tahap2 produksi dan distribusi yang berurutan dibawah kepemilikan tunggal

b.VMS terpimpin : mengkoordinasikan tahap2 produksi dan distribusi yang berurutan melalui ukuran dan kekuatan salah satu anggota

c.VMS kontrak : terdiri atas perusahaan2 independen pada berbagai tngkat produksi dan distribusi yng brbeda yang mmadukan program mreka berdasarkan kontrak untk mmperoleh pnghmatan atau dampak penjualan yang lbih besar.

Tiga jenis VMS kontrak :

-jaringan sukarela yang disponsori pedagang besar

-koperasi pengecer

-organisasi waralaba

d.persaingan baru dalam eceran

2.sistem pemasaran horizontal : dimana dua atau banyak perusahaan yng tdk brhubungan mnggabungkan smber daya atau program untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang sdang brkmbang

3.sistem pmasaran multi saluran : apabila satu perusahaan menggunakan dua atau lbih saluran pmsaran untk mnjangkau satu atau bbrapa segmen planggan

JENIS KONFLIK

1.konflik saluran vertical

2.konflik saluran horizontal

3.konflik multi saluran

PENYEBAB KONFLIK

-ketidak seuaian tujuan

-peran dan hak yang tidak jelas

-perbedaan prsepsi

PENGELOLAAN KONFLIK

1.penggunaan sasaran pasar yang tepat

2.saling menukar orang orang antara dua atau lebih tingkat saluran

3.kooptasi

4.diplomasi

5.mediasi

6.arbitrasi

E-COMMERCE : perusahaan atau situs menawarkan untuk melakukan transaksi/mmudahkan pjualan produk/jasa secara online

E-PURCHASING : perusahaan memutuskan untuk membeli barang, jasa, dan informasi dari para pemasok secara online

E-MARKETING : perusahaan berusaha untuk mengkomunikasikan, menginformasikan, mempromosikan, dan manjual produk atau jasa kepada pembeli secara online.

No comments:

Post a Comment