Sunday, April 25, 2010

MP - BAB 10 – Product life Cycle

BAB 10 – Product life Cycle

Pentapan posisi adalah tindakan merancan tawaran dan citra perusahaan sehingga menempati posisi yang khas dibandingkan pesaing dibenak pelanggan sasarannya

Menyusun dan mengkomunikasikan strategi penetapan posisi

1.Kerangka rujukan bersaing

2.titik kesamaan dan perbedaan

-titik perbedaan

-titik kesamaan

-titik kesamaan dan perbedaan

3.membangun keanggotaan kategori

-mengumumkan manfaat kategori

-membandingkan dengan teladan

-mengandalkan penggambar produk

4.memilih titik kesamaan (POPs) dan titik perbedaan (PODs)

Tiga keinginan utama konsumen

-relevansi

-lain dari yang lain

-dapat dipercaya

Tiga criteria kunci dlm mnyerahkan produk

-mungkin diwujudkan

-dapat dikomunikasikan

-dapat ditopang

5.menciptakan titik kesamaan dan titik perbedaan

-sajikan secara terpisah

-angkatlah ekuitas dan entitas lain

-definisikan kembali hubungan

Strategi diferensiasi

1.diferensiasi produk

2.diferensiasi personil

3.diferensiasi saluran

4.diferensiasi citra

Strategi pemasaran PLC

Produk memiliki PLC artinya

-produk memiliki umur yang terbatas

-pjualan produk melalui brbagai tahap yang khas

-laba naik dan turun pada berbagai tahap yang berbeda

-produk mmrlukan strategi pmasaran, keuangan dll

Siklus hidup Produk

1.perkenalan – periode pertumbuhan penjualan yang lambat saat produk itu diperkenalkan ke pasar. Pada tahap ini tidak ada laba karena besarnya biaya untuk mmperkenalkan produk

Strategi : tahap perkenalan dan keunggulan pelopor

2.Pertumbuhan – periode penerimaan pasar yang cepat dan peningkatan laba yang besar

Strategi:

-meningkatkan mutu produk serta menambah fitur produk yang baru dan gaya yg lebih baik

-menambahkan model baru dan produk penyerta

-memasuki segmen pasar baru

-meningkatkan cakupan distribusi nya dan memasuki saluran distribusi baru

-beralih dari iklan yang mmbuat orng menyadari produk ke iklan yang memilih produk

-menurunkan harga untuk menarik lapisan berikutnya

3.kedewasaan/kematangan – periode penurunan pertumbuhan penjualan kerna produk tsb telah diterima oleh sebagian besar calon pembeli. Laba akan menurun Karena persaingan yang meningkat

Tahap kedewasaan : kedewasaan berumbuh, stabil, menurun

Strategi :

-Modifikasi pasar

-modifikasi produk

-modifikasi program pemasaran> harga, distribusi, periklanan, promosi penjualan, panjualan personal, pelayanan.

4.penurunan – periode saat penjualan menunjukkan arah yang menurun dan laba yang menipis

Lima strategi:

-meningkatkan investasi perusahaan

-memeprtahankan level investasi perusahaan sampai ketidakpastian terselesaikan

-mengurangi level investasi perusahaan secara selektif

-menuain investasi perusahaan untuk memulihkan kas secepatnya

-melepaskan bisnis secepatnya dngn mnjual asset dngn cara yng pling mngntungkn

Evolusi pasar

1.Tahap kemunculan

Tiga pilihan

-produk baru tsb dirancang untk mmnuhi prefensi slah satu relung pasar

-dua produk atau lebih dluncurkan bersama untk mnangkap 2bagian pasar atau lebih

-produk baru dpt dirancang untk tengah2 pasar

2.Tahap Pertumbuhan

3.Tahap Kedewasaan

4.Tahap penurunan

No comments:

Post a Comment