Tuesday, January 12, 2010

bab 8

Bab 8 segmentasi pasar, menetapkan target & menetapkan posisi untk keunggulan brsaing

3tahap falsafah pmikiran pjual:

-pmasaran missal

-pmasaran brbagai produk

-pmasaran terarah


Langkah2 dalam segmentasi pasar

Segmentasi pasar

1.mengenali bisnis untk membuat segmentasi pasar

2.mngembangkan profit dan segmentasi yang di hasilkan

Pentargetan pasar

3.mengembangkan daya tarik segmen

4.menyeleksi segmen sasaran

Pemosisian pasar

5.mengembangkan pemosisian untk stiap segmen sasaran

6.mngmbgkan bauran pmsaran untk stiap segmen sasaran


Segmentasi pasar : membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dngn kbutuhan,krakteristk, tngkah lagu brbda yang mungkin mmbtukn produk/bauran pmsaran trpisah

Pasar2 untk mmbuat segmentasi pasar konsumen

1.segmentasi geografik : mbgi pasar mnjadi bbrapa unit scra geografik

2.segmentasi demografik : mmbgi pasar mnjdi klompok kcil pda variable spt umur&daur hidup(mmbgi psar mnjadi klompok dan daur hidup yang berbda) segmen jenis kelamin , pendapatan, pkerjaan, agama, ras

3.segmentasi psikografik: mmbgi psar mnjdi klmpk brbda pda krakteristik klas social gaya hidup/kpribadian

4.segmentasi tingkah laku : mnglmpokn pmbli brdasar pda pngtahuan, sikap, pnggunaan/reaksi thd produk

Segmentasi antar pasar :mmbntuk segmen planggan yng mmpnyai ksamaan kbutuhan & tngkh laku mmbeli walau brbeda di Negara yang berbeda

Persyaratan segmentasi pasar yang efektif

a.dapat diukur: daya beli dan karakteristik dri segmen dpt diukur

b)dapat dijangkau

c.cukup besar dan dapat menguntungkan

d.dapat dilaksanakan: dapat diterapkan untk mnarik dan mlayani segmen psar

Mnentukan sasaran/mentargetkan pasar : mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar & memilih bbrapa segmen pasar untk dimasuki

1.mngevaluasi segmen pasar . ukuran&pertumbuhan segmen;daya tarik structural segmen;sasaran &sumber daya perusahaan. Pasar sasaran : kumpulan pembeli dng kebutuhan/karakteristik serupa yang akan dilayani perusahaan

2.menyeleksi segmen pasar

a.pemasaran tanpa pembedaan: strategi peliputan pasar dmn sluruh prusahaan mmutuskan untk mngabaikan prbedaan segmen psar & menawarkan 1 macam produk kpd seluruh pasar

b.pmsaran dngn pmbedaan : strategi pliputan psar dmna sebuah prusahaan mmutuskan untk mmlih bbrapa segmen pasr & merancang barang yang berbeda untk masing2 segmen

c.pmasaran terkosentrasi : strategi pliputan psr dmn sbuah prsahaan mmtuskan untk mcari pngsa psar bsar dlm 1/bbrapa sub pasar

No comments:

Post a Comment