1. Bukti audit merupakan informasi yang digunakan auditor untuk menentukan apakah informasi kuantitatif yang sedang diaudit disajikan sesuai kriteria yang ditetapkan.
2. Perbandingan untuk membedakan bahan bukti:
a. Tujuan penggunaan bahan bukti
b. Sifat bahan bukti yang digunakan
c. Pihak yang mengevaluasi bahan bukti.
d. Kepastian dari kesimpulan berdasarkan bahan bukti
e. Sifat kesimpulan
f. Konsekuensi yang timbul akibat kesimpulan yang salah dari bahan bukti
3. Berbagai keputusan auditor dalam pengumpulan bukti audit dapat dibagi dalam empat bagian berikut
a. Prosedur-prosedur audit apakah yang akan digunakan
b. Ukuran sampel sebesar apakah yang akan dipilih untuk prosedur terte ntu
c. Item-item manakah yang akan dipilih dari populasi
d. Kapankah berbagai prosedur itu akan dilakukan
4. Prosedur audit adalah rincian instruksi untuk pengumpulan jenis bukti audit yang diperoleh pada suatu waktu tertentu saat berlangsungnya proses audit.
5. Program audit adalah daftar atas berbagai prosedur audit untuk area tertentu atau keseluruhan proses audit.
6. Persuasivitas bukti audit ditentukan oeh dua hal yaitu
a. Kompetensi, menunjukkan tingkat dapat dipercayainya suatu bahan bukti
1) Relevan, berkaitan terhadap tujuan pengujian auditor
2) Independensi penyedia data
3) Efektifitas struktur pengendalian intern
4) Pengetahuan yang diperoleh sendiri oleh auditor
5) Kualifikasi penyedia bukti
6) Objektivitas bukti
7) Ketepatan waktu (kapan dilaksanakan dan bagian periode yang diaudit)
b. Kecukupan
a. Ukuran sampel memadai
b. Memilih item-item populasi yang tepat
7. Jenis Bahan Bukti Audit
a. Pemeriksaan fisik, inspeksi atau penghitungan oleh auditor pada harta tangible
b. Konfirmasi, penerimaan respon tertulis atau lisan dari pihak ketiga yang independen memverifikasi keakuratan informasi yang diminta oleh auditor
c. Dokumentasi, pemeriksaan auditor pada dokumen klien untuk memperkuat info yang harus dimasukkan ke laporan keuangan
d. Pengamatan,
e. Tanya jawab dengan klien .
f. Hitung uji (Reperformance) .
g. Prosedur analitis .
.8. Efektifitas struktur pengendalian intern klien mempunyai pengaruh yang besar pada keandalan kebanyakan jenis bahan bukti. Jenis bahan bukti tertentu jarang mencukupi sendirian untuk memberikan bahan bukti yang kompeten untuk memenuhi satu tujuan
9. Prosedur Analitis adalah evaluasi atas informasi keuangan yang dilakukan dengan mempelajari hubungan logis antara data keuangan dan non keuangan termasuk perbandingan jumlah-jumlah yang tercatat dengan ekspektasi auditor. Pelaksanaan prosedur analitis dapat dilakukan pada seluruh tahap, baik tahap perencanaan, tahap pengujian dan tahap penyelesaian
Alasan yang terpenting penggunaan prosedur analitis :
a. Memahami bidang usaha klien.
b. Penetapan kemampuan satuan usaha untuk menjaga kelangsungan hidupnya.
c. Indikasi adanya kemungkinan salah saji dalam laporan keuangan.
d. Mengurangi pengujian audit yang terinci.
e. Wawancara
10. jenis prosedur analitis
a. Membandingkan data klien dengan industri sejenis.
b. Membandingkan data klien dengan data yang serupa pada periode sebelumnya
1) Perbandingan antara saldo tahun berjalan dengan saldo tahun lalu.
2) Membandingakan rincian total saldo dengan rincian serupa pada tahun sebelumnya.
3) Membandingkan rasio dan hubungan persentase dengan tahun sebelumnya.
c. Membandingkan data klien dengan data yang diperkirakan oleh klien.
d. Membandingkan data klien dengan data yang diperkirakan oleh auditor.
e. Membandingkan data klien dengan hasil perkiraan yang menggunakan data non keuangan.
11. audit documentation : catatan pokok dari prosedur audit yang diterapkan, bukti yang diperoleh, dan kesimpulan yang dicapai oleh auditor dalam keterlibatannya. tujuan : membantu auditor menyiapkan jaminan yang masuk akal bahwa audit yang mencukupi sehubungan dengan audit standar telah dilakukan.
12. permanent files : dimaksudkan untuk mencakup data historis atau yang terus menerus berhubungan dngn audit skrng.
13. current files : mencakup semua dokumentasi audit yang berlaku dalam tahun audit. Jenis2 nya : Audit program, general information, working trial balance, adjusting and reclassification entries, supporting schedules ( analysis, trial balance or list, reconciliation of amounts, test of reasonableness, summary of procedures, examinations of supporting documents, informational, outside documentation)
No comments:
Post a Comment