Sunday, October 31, 2010

SIA2 : bab 4

Relational Databases

Database
Sistem manajemen database (DBMS) adalah program yang mengelola dan mengontrol akses ke database.
Sistem Database adalah kombinasi dari database, DBMS, dan program aplikasi yang menggunakan database.
Database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk database

Database Relasional
Sebuah model data adalah representasi abstrak dari isi database.
Model data relasional mewakili semua yang ada di database sebagai disimpan dalam bentuk tabel.
Secara teknis, tabel ini disebut hubungan.
Setiap baris dalam suatu hubungan, disebut tuple, berisi data tentang kejadian tertentu jenis entitas diwakili oleh meja itu.


Logis dan Fisik Lihat Data
Sebuah keuntungan besar dari sistem database melalui sistem berorientasi file adalah bahwa sistem database yang terpisah pandangan logis dan fisik data.
Bagaimana pandangan logis? Ini adalah bagaimana pengguna atau programmer konseptual mengatur dan memahami data.
Bagaimana pandangan fisik? Hal ini mengacu pada bagaimana dan dimana data secara fisik disusun dan disimpan pada disk, tape, CD-ROM, atau media lainnya.
DBMS mengatur database sehingga pengguna dapat mengakses, query, atau update tanpa referensi untuk bagaimana atau dimana data disimpan secara fisik
Apa program-data kemerdekaan? Ini adalah pemisahan pandangan logis dan fisik data.

Skema
Apa skema? Skema menggambarkan struktur logis dari database.
Ada tiga tingkatan skema:
-Skema tingkat konseptual adalah pandangan organisasi-lebar seluruh database.
-Skema tingkat eksternal terdiri dari satu set pandangan pengguna individu dari bagian dari database, juga disebut sebagai subschema.
-Internal-tingkat skema menyediakan tampilan tingkat rendah dari database.

Kamus Data
Apakah data kamus? Ini berisi informasi tentang struktur database.
Untuk setiap elemen data yang tersimpan dalam database, seperti nomor pelanggan, ada catatan terkait dalam kamus data yang menggambarkan hal itu.
Kamus data sering salah satu aplikasi pertama dari sistem database yang baru dilaksanakan.
Apa adalah beberapa masukan untuk data kamus?
-Catatan dari setiap elemen data baru atau dihapus
-Perubahan dalam nama, deskripsi, atau penggunaan elemen data yang ada

Apa adalah beberapa output dari kamus data? berguna untuk programmer, desainer database laporan, dan pengguna sistem informasi
Apa sajakah laporan sampel? daftar program di mana suatu item data yang digunakan dan daftar dari semua sinonim untuk elemen data dalam sebuah file tertentu

DBMS Bahasa
Setiap DBMS harus menyediakan cara untuk melakukan tiga fungsi dasar: Membuat database, Mengubah database, query database
Set perintah yang digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi ini disebut sebagai definisi data, manipulasi data, dan bahasa query data.
DDL Bahasa
Bahasa definisi data (DDL) digunakan untuk: membangun kamus data.menginisialisasi atau membuat database. menggambarkan pandangan logis untuk setiap pengguna individu atau programmer. menentukan ada pembatasan atau hambatan pada keamanan dikenakan pada catatan database atau ladang.

DML Bahasa
Manipulasi data bahasa (DML) digunakan untuk pemeliharaan data.
Apa termasuk? memperbarui bagian dari database, memasukkan bagian-bagian dari database, menghapus bagian dari database

DQL Bahasa
Permintaan data bahasa (DQL) digunakan untuk menginterogasi database.
The mengambil DQL, macam, perintah, dan menyajikan subset dari database dalam menanggapi permintaan pengguna.

Persyaratan Dasar Model Data Relasional
1.Primary kunci harus unik.
kunci 2.Every asing harus baik null atau memiliki nilai yang sesuai dengan nilai dari kunci utama dalam hubungan lain.
3.Each kolom dalam tabel harus menggambarkan karakteristik dari objek yang diidentifikasi oleh kunci primer.
4.Each kolom berturut-turut harus nilai-tunggal.
5.The nilai setiap baris kolom tertentu harus dari tipe data yang sama.
6.Neither urutan kolom atau baris order adalah signifikan.

Anomali Bahwa Mei Terjadi pada Tabel Relational Non-Normalized
Anomali a.Update: Jika terjadi perubahan (update) terhadap nilai-nilai data tidak benar dicatat. Daripada harus memperbarui sekali, setiap record pada tabel tunggal harus diperbaharui secara individual untuk menghindari inkonsistensi dalam database.
Anomali b.Insert: Tidak ada cara untuk menyimpan informasi tentang satu kesatuan dalam database tanpa dikaitkan dengan entitas lain. Dalam teks ini, kita tidak akan mampu menyimpan informasi tentang pelanggan baru tanpa mereka dikaitkan dengan transaksi pertama!
Anomali c.Delete: Unintended hasil yang timbul dari menghapus baris data yang berhubungan dengan satu kesatuan dan mengakibatkan penghapusan data mengenai entitas lain juga. Dalam teks, jika item persediaan tertentu dihentikan dan karenanya dihapus dari tabel database, kita akan kehilangan informasi mengenai pelanggan yang terkait dengan item persediaan juga.
Database Design Tujuan
-Kelengkapan
-Relevansi
-Aksesibilitas
-Up fleksibilitas-to-dateness
-Efisiensi
-Biaya-efektivitas
-Integritas
-Security


Pendekatan Desain Database
a.Normalization
Dimulai dengan asumsi bahwa semua data pada awalnya disimpan dalam tabel non-normalisasi besar.
Tabel ini kemudian didekomposisi menggunakan seperangkat aturan normalisasi untuk menciptakan satu set tabel dalam Bentuk Normal Ketiga.
b.Semantic Data Modeling
Perancang database menggunakan / nya pengetahuan tentang struktur bisnis untuk menciptakan satu set tabel relasional.
Database Sistem dan Masa Depan Akuntansi
Sistem Database memiliki potensi untuk secara signifikan mengubah sifat pelaporan eksternal.
Mungkin pengaruh paling signifikan dari sistem database akan berada di cara bahwa informasi akuntansi yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

SIA2 : bab 3

Introduction to E-Business

E-bisnis mengacu pada semua penggunaan kemajuan teknologi informasi (TI), terutama jaringan dan teknologi komunikasi, untuk meningkatkan cara-cara di mana sebuah organisasi melakukan semua proses bisnisnya.
E-bisnis mencakup interaksi eksternal organisasi dengan nya:
-Pemasok
-Pelanggan
-Investor
-Kreditor
-Pemerintah
-Media
E-bisnis meliputi penggunaan TI untuk merancang ulang proses internal.
Untuk organisasi di banyak industri, terlibat dalam e-bisnis adalah suatu keharusan.
Terlibat dalam e-bisnis di dan dari dirinya sendiri tidak memberikan keunggulan kompetitif.
Namun, e-bisnis dapat digunakan untuk lebih efektif melaksanakan strategi dasar dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan rantai nilai.

E-Business Model
Bisnis ke Konsumen (B2C): Interaksi antara individu dan organisasi.
Bisnis ke Bisnis (B2B): interorganizational e-bisnis.

Kategori E-Business
B2C
-Karakteristik:
-Organisasi-masing
-Kecil nilai dolar
-One-time atau transaksi jarang
-Relatif sederhana

B2B, B2G, B2E
Karakteristik:
-Interorganisasional
-Lebih besar nilai dolar
-Didirikan, berlangsung hubungan
-Perpanjangan kredit oleh penjual kepada pelanggan
-Lebih kompleks

E-Bisnis Pengaruh terhadap Proses Bisnis
-Electronic Data Interchange (EDI): protokol standar, tersedia sejak tahun 1970-an, untuk elektronik mentransfer informasi antara organisasi dan di seluruh proses bisnis.
-EDI: Meningkatkan akurasi dan biaya Cuts

Recent EDI Fasilitator
EDI-tradisional itu mahal. perkembangan baru yang telah menghapus biaya barrier ini adalah:
-Internet: Menghilangkan kebutuhan untuk khusus jaringan pihak ketiga proprietary.
-XML: Extensible Markup Language - Menetapkan standar untuk mendefinisikan isi data pada halaman Web.
-EbXML: Mendefinisikan standar untuk pengkodean dokumen bisnis umum, Menghilangkan kebutuhan software yang kompleks untuk menerjemahkan dokumen yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda.

Keuangan Electronic Data Interchange (Fedi)
-Penggunaan EDI untuk bertukar informasi hanya bagian dari hubungan pembeli-penjual dalam bisnis-bisnis-perdagangan elektronik.
-Elektronik dana transfer (EFT) adalah melakukan pembayaran tunai secara elektronik, bukan dengan cek.
-EFT biasanya dilakukan melalui sistem perbankan Automated Clearing House (ACH) jaringan.
-Penggunaan EDI untuk bertukar informasi hanya bagian dari hubungan pembeli-penjual dalam bisnis-bisnis-perdagangan elektronik.
-Elektronik dana transfer (EFT) adalah melakukan pembayaran tunai secara elektronik, bukan dengan cek.
-EFT biasanya dilakukan melalui sistem perbankan Automated Clearing House (ACH) jaringan.
-Sebuah kredit ACH adalah perintah kepada bank Anda untuk mentransfer dana dari rekening Anda ke account lain.
-Sebuah debit ACH adalah perintah kepada bank Anda untuk mentransfer dana dari account menjadi milikmu.

ASP
Sebuah Application Service Provider (ASP) adalah perusahaan yang menyediakan akses ke dan penggunaan program aplikasi melalui Internet.
ASP memiliki dan host perangkat lunak; mengakses organisasi kontraktor perangkat lunak melalui Internet.


Faktor-faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengevaluasi ASP
Keuntungan
Menurunkan biaya
Otomatis upgrade ke versi perangkat lunak
Perlu lebih sedikit di rumah staf TI
Mengurangi kebutuhan hardware
Keluwesan
Pengetahuan dukungan
Keamanan dan privasi data

Kekurangan
Viabilitas ASP
Keamanan dan privasi data
Ketersediaan dan kehandalan pelayanan
Dukungan atau respon yang tidak memadai miskin untuk masalah
Standar perangkat lunak yang mungkin tidak memenuhi semua kebutuhan yang disesuaikan

Faktor-faktor yang Termasuk dalam Perjanjian Tingkat Layanan
a.Detailed spesifikasi kinerja yang diharapkan ASP
-Uptime
-Frekuensi backup
-Penggunaan enkripsi
-Data akses kontrol
b.Remedies atas kegagalan ASP untuk memenuhi kontrak tingkat pelayanan
c.Ownership data yang tersimpan di ASP

Outbound Logistics
E-bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan outbound penjual 'logistik.
-Tepat waktu dan akurat akses ke informasi pengiriman rinci.
optimasi-Inventarisasi.
-Untuk barang dan jasa yang dapat didigitalkan, fungsi logistik outbound dapat dilakukan sepenuhnya elektronik.

Penjualan dan Pemasaran
-Perusahaan dapat membuat katalog elektronik untuk mengotomatisasi entry order penjualan.
-Secara signifikan mengurangi kebutuhan staf.
-Kustomisasi iklan

Pasca-Jual Dukungan dan Layanan
-Konsisten informasi kepada pelanggan.
-Memberikan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan (FAQ).

E-Business Faktor Sukses
-Tingkat dimana e-kegiatan usaha sesuai dan mendukung strategi bisnis secara keseluruhan organisasi.
-Kemampuan untuk menjamin bahwa e-bisnis proses memenuhi tiga karakteristik kunci dari setiap transaksi bisnis: Validitas, Integritas, Privasi

Enkripsi
Ada dua jenis utama sistem enkripsi:
sistem-Single-key: kunci yang sama digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan: Simple, cepat, dan efisien. Contoh: Data Encryption Standard (DES) Algoritma
-Public Key Infrastructure (PKI): menggunakan dua kunci: kunci publik tersedia untuk umum dan biasanya digunakan untuk mengkodekan pesan, dan kunci pribadi dirahasiakan dan hanya diketahui oleh pemilik dari sepasang kunci. Biasanya digunakan untuk memecahkan kode pesan

Kelebihan & Kekurangan PKI
Keuntungan
-Tidak perlu berbagi kunci
-Lebih aman dibandingkan dengan sistem single-key

Kekurangan
-Jauh lebih lambat dibandingkan dengan sistem single-key


Tanda tangan digital dan Digests
tanda tangan digital: Sebuah pesan elektronik yang secara unik mengidentifikasi pengirim pesan itu.
-Digest: Pesan yang digunakan untuk membuat tanda tangan digital atau ringkasan digital.
Jika ada karakter individu dalam perubahan dokumen asli, nilai cerna juga berubah.Hal ini memastikan bahwa isi dokumen bisnis tidak pernah diubah atau rusak selama transmisi
Digital-Sertifikat & Otoritas Sertifikat
Digital Sertifikat: Digunakan untuk memverifikasi identitas owner.A sertifikat digital kunci publik mengidentifikasi pemilik sebuah kunci pribadi tertentu dan kunci publik yang sesuai, dan jangka waktu selama sertifikat berlaku.
Sertifikat digital dikeluarkan oleh pihak ketiga yang handal, yang disebut Certificate Authority, seperti: Verisign, Entrust, Digital Signature Trust
tanda tangan digital otoritas sertifikat juga disertakan pada sertifikat digital sehingga validitas sertifikat juga dapat diverifikasi.

Jenis Jaringan
-Jaringan global yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk melakukan perdagangan elektronik dan untuk mengelola operasi internal terdiri dari dua komponen: bagian pribadi yang dimiliki atau disewa oleh perusahaan, Internet

Bagian swasta dapat dibagi lagi menjadi dua himpunan bagian:
-Jaringan area lokal (LAN) - suatu sistem komputer dan perangkat lain, seperti printer, yang terletak di dekat satu sama lain.
-Wide area network (WAN) - mencakup wilayah geografis yang luas.

Perusahaan biasanya memiliki semua peralatan yang membentuk area lokal mereka jaringan (LAN).
Mereka biasanya tidak memiliki sambungan komunikasi data wide area network mereka (WAN) jarak jauh.
Mereka kontrak baik untuk menggunakan jaringan nilai-tambah (VAN) atau menggunakan internet.
Internet adalah jaringan internasional komputer (dan jaringan yang lebih kecil) semua saling berhubungan.
Apakah tulang punggung Internet? sambungan-sambungan yang menghubungkan komputer-komputer bersama-sama. Bagian dari backbone dimiliki oleh penyedia layanan Internet utama (ISP).

Apa itu Intranet?
Intranet merujuk pada jaringan internal yang terhubung ke Internet utama.
Mereka bisa dinavigasi dengan software browser yang sama, tetapi tertutup dari masyarakat umum.

Apa extranet?
Extranet menghubungkan intranet dari dua atau lebih perusahaan.
Entah Internet atau VAN dapat digunakan untuk menghubungkan perusahaan membentuk ekstranet.
jaringan nilai-tambah (VAN) lebih handal dan aman dibandingkan Internet, tetapi mereka juga mahal

Komponen Sistem Komunikasi Data
Ada lima komponen dasar dalam jaringan komunikasi data (apakah itu Internet, LAN, WAN, atau VAN):
1.The perangkat dikirim
2.Aktifitas komunikasi perangkat antarmuka
3.Setelah saluran komunikasi
4.The perangkat penerima

Perangkat lunak komunikasi
Berikut ini adalah komponen dari model komunikasi data:
-Interface perangkat
-Perangkat lunak komunikasi
-Komunikasi saluran

Interface Devices
Ada enam perangkat antarmuka dasar komunikasi yang digunakan dalam jaringan yang paling:
-Jaringan kartu antarmuka
-Modem
-Remote perangkat akses
-Hubs
-Switch
-Router

Perangkat Lunak Komunikasi
perangkat lunak Komunikasi mengelola aliran data melalui jaringan.
Ini melakukan fungsi-fungsi berikut:
-Kontrol akses
-Manajemen jaringan
-Data dan transmisi file
-Kesalahan deteksi dan kontrol
-Keamanan data

Saluran Komunikasi
Saluran komunikasi adalah media yang menghubungkan pengirim dan penerima.
-Standar jaringan telepon
-Kabel koaksial
Serat optik
-Microwave sistem
-Komunikasi satelit
-Selular radio dan telepon

Konfigurasi Jaringan Pilihan
jaringan area lokal (LAN) dapat dikonfigurasi dalam satu dari tiga cara dasar:
konfigurasi-Star
konfigurasi-Ring
-Bus konfigurasi
Sebuah konfigurasi bintang adalah LAN dikonfigurasi sebagai bintang, masing-masing perangkat terhubung langsung ke server pusat.
Semua komunikasi antara perangkat dikendalikan oleh dan disalurkan melalui server pusat.
Biasanya, setiap perangkat server jajak pendapat untuk melihat apakah ia ingin mengirim pesan
Konfigurasi bintang adalah cara yang paling mahal untuk membuat LAN, karena memerlukan jumlah terbesar kabel.
Dalam LAN dikonfigurasi sebagai cincin, setiap node terhubung langsung dengan dua node lain.

Wide area networks (WAN) dapat dikonfigurasi dalam satu dari tiga cara dasar:
-Dalam sebuah WAN terpusat, semua terminal dan perangkat lain yang terhubung ke komputer perusahaan pusat.
-Dalam sebuah WAN desentralisasi, setiap unit departemen memiliki komputer sendiri dan LAN.
Desentralisasi sistem biasanya lebih mampu memenuhi departemen individu dan kebutuhan pengguna daripada sistem terpusat.

-Sebuah sistem pengolahan data terdistribusi WAN pada dasarnya adalah gabungan dari pendekatan sentralisasi dan desentralisasi.

Banyak WAN, dan LAN kebanyakan, ditetapkan sebagai client / sistem server.
Setiap komputer desktop disebut sebagai klien.
klien mengirimkan permintaan data ke server.
Server melakukan preprocessing pada database dan mengirim hanya subset yang relevan dari data ke client untuk pemrosesan lokal

SIA2 : bab 2

Overview of Business Processes

Tiga Fungsi Dasar Dilakukan oleh AIS
Pengolahan yang efisien dan efektif data tentang transaksi suatu perusahaan:
-Capture data transaksi pada dokumen sumber.
-Record data transaksi dalam jurnal, yang menyajikan sebuah catatan kronologis dari apa yang terjadi.
-Post data dari jurnal ke buku besar, mengurutkan data yang menurut jenis akun.
Untuk memberikan manajemen dengan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan:

Dalam sistem manual, informasi ini diberikan dalam bentuk laporan yang terbagi dalam dua kategori utama:
-Laporan keuangan
-Laporan manajerial

Untuk memberikan kontrol internal yang memadai:
-Pastikan bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat diandalkan.
-Pastikan bahwa kegiatan usaha dilakukan secara efisien dan sesuai dengan tujuan manajemen.
-Menjaga aset organisasi
-Capture Data Transaksi pada Dokumen Sumber

Fungsi dasar pertama dari SIA adalah proses yang efisien dan efektif data tentang transaksi perusahaan.
Sumber-dokumen formulir khusus digunakan untuk menangkap data transaksi pada dokumen sumber.
-Kontrol atas pengumpulan data ditingkatkan oleh prenumbering setiap dokumen sumber.
-Akurasi dan efisiensi dalam pencatatan data transaksi dapat lebih ditingkatkan jika dokumen sumber dengan benar dirancang.
-Record Data Transaksi dalam Jurnal

Setelah data transaksi telah ditangkap pada dokumen sumber, langkah berikutnya adalah untuk merekam data dalam jurnal.
-Sebuah jurnal dibuat untuk setiap transaksi yang menunjukkan rekening dan jumlah yang akan didebet dan dikreditkan
-The catatan jurnal umum jarang atau tidak rutin transaksi.
-Khusus jurnal menyederhanakan proses rekaman sejumlah besar transaksi berulang.

Apakah empat jenis yang paling umum transaksi?
-Kredit penjualan
-Penerimaan
-Pembelian pada account
-Cash Pengeluaran
-Posting Transaksi ke Buku Besar

Buku besar digunakan untuk meringkas status keuangan, termasuk saldo saat ini, dari account individu.
-Buku besar berisi data ringkasan tingkat untuk setiap aktiva, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan rekening biaya organisasi.
-Catatan buku pembantu A semua data rinci untuk setiap akun buku besar umum yang telah subaccounts banyak individu.

Apa adalah beberapa buku besar umum digunakan anak?
-Piutang
-Persediaan
-Rekening hutang

Apakah akun buku besar yang berhubungan dengan buku besar pembantu yang disebut?
-Kontrol account: Sebuah account control berisi jumlah total untuk semua individu dalam akun buku besar pembantu.

Apa itu Audit Trail?
Audit trail menyediakan sarana untuk memeriksa akurasi dan validitas posting buku besar.
Apa Bagan Account?
Diagram akun ini adalah daftar semua akun buku besar umum yang digunakan oleh sebuah organisasi.
Adalah penting bahwa bagan akun berisi rincian yang memadai untuk memenuhi kebutuhan informasi organisasi.

Laporan Keuangan
Fungsi kedua dari SIA adalah untuk memberikan manajemen dengan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan.
Penyusunan laporan keuangan terdiri dari urutan kegiatan.
Apa kegiatan ini?
-Siapkan neraca percobaan.
-Membuat menyesuaikan entri.
-Siapkan neraca saldo disesuaikan.
-Menghasilkan laporan laba rugi.
-Membuat entri penutupan.
-Menghasilkan neraca.
-Siapkan laporan arus kas.

Laporan Manajerial
SIA juga harus mampu memberikan manajer dengan informasi operasional terinci tentang kinerja organisasi.
Laporan apa yang dibutuhkan oleh manajemen?
-Status persediaan
-Anggaran
-Laporan kinerja

Apakah anggaran?
Anggaran adalah ekspresi formal tujuan dalam hal keuangan.
Apa beberapa jenis anggaran?
-Kas
-Operasi
-Modal

Apakah yang dimaksud dengan laporan kinerja?
Sebuah laporan kinerja daftar jumlah dianggarkan dan aktual pendapatan dan beban dan juga menunjukkan variasi, atau perbedaan, antara kedua jumlah.

Pertimbangan Pengendalian Internal
Fungsi ketiga dari SIA adalah untuk menyediakan pengendalian internal yang memadai untuk mencapai tiga tujuan dasar:
-Pastikan bahwa informasi yang dapat diandalkan.
-Pastikan bahwa kegiatan usaha dilakukan secara efisien.
Pengaman-aset organisasi.

Apakah dua metode penting untuk mencapai tujuan-tujuan ini?
-Menyediakan dokumentasi yang memadai untuk semua kegiatan usaha.
-Desain SIA untuk pemisahan tugas yang efektif.

Dokumentasi yang memadai
Dokumentasi memungkinkan manajemen untuk memverifikasi bahwa tanggung jawab yang ditugaskan telah diselesaikan dengan benar.
Apa benar bertemu Ashton sambil bekerja sebagai auditor yang memberinya sekilas langsung dari jenis masalah yang bisa timbul dari dokumentasi memadai?kegagalan untuk tagihan untuk pekerjaan perbaikan

Apa Pemisahan Tugas?
Pemisahan tugas mengacu pada membagi tanggung jawab untuk bagian-bagian yang berbeda dari transaksi antara beberapa orang.
Apa fungsi harus dilakukan oleh orang yang berbeda?
-Kuasa transaksi
-Pencatatan transaksi
-Mempertahankan hak asuh aset

SIA2 : bab 1

Apakah yang dimaksud dengan SIA?
Sebuah sistem adalah seperangkat dua atau lebih komponen yang saling terkait yang berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Sistem hampir selalu terdiri dari subsistem yang lebih kecil, masing-masing melaksanakan fungsi tertentu mendukung sistem yang lebih besar.

Sebuah sistem informasi akuntansi (SIA) terdiri dari:
-Orang
- Prosedur
- Data
- Software
-Teknologi informasi

Apa fungsi penting tidak SIA tampil dalam sebuah organisasi?
1 ini mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
2 Ini proses data menjadi informasi yang berguna untuk membuat keputusan.
3 ini memberikan kontrol yang memadai untuk menjaga aset organisasi.


Subsistem dasar dalam SIA
1 Siklus pengeluaran: mencakup kegiatan pembelian dan membayar untuk barang atau jasa yang digunakan oleh organisasi.
2 Siklus produksi: mencakup kegiatan konversi bahan baku dan tenaga kerja menjadi barang jadi.
3 Sumberdaya manusia / siklus penggajian: melibatkan kegiatan perekrutan dan membayar karyawan.
4 Siklus Pendapatan: mencakup kegiatan penjualan barang atau jasa dan mengumpulkan pembayaran bagi mereka penjualan.
5 Siklus pendanaan: melibatkan kegiatan mendapatkan dana yang diperlukan untuk menjalankan organisasi, membayar kreditur, dan mendistribusikan keuntungan kepada investor.

Mengapa Studi AIS?
 Dalam Pernyataan Konsep Akuntansi Keuangan No 2, FASB The ...
- Akuntansi didefinisikan sebagai suatu sistem informasi.
- Menyatakan bahwa tujuan utama akuntansi adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi pengambil keputusan.
 Pendidikan Akuntansi Perubahan Komisi merekomendasikan bahwa kurikulum akuntansi harus menekankan ...
- Akuntansi yang merupakan identifikasi informasi, pengembangan, pengukuran, dan proses komunikasi, dan ...
- Bahwa kurikulum akuntansi menekankan:
- Penggunaan informasi dalam pengambilan keputusan.
- Sifat, desain, penggunaan, dan pelaksanaan suatu AIS.
- Pelaporan informasi keuangan.

 Untuk memahami bagaimana sistem akuntansi bekerja.
 Bagaimana untuk mengumpulkan data tentang kegiatan organisasi dan transaksi
 Bagaimana mengubah data menjadi informasi bahwa manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi
 Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, dan akurasi informasi yang
Auditor  perlu memahami sistem yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan.
 Pajak profesional perlu memahami cukup tentang SIA klien untuk menjadi yakin bahwa informasi yang digunakan untuk perencanaan pajak dan kerja kepatuhan adalah lengkap dan akurat.
 Salah satu tipe yang paling cepat berkembang memerlukan jasa konsultasi desain, pemilihan, dan implementasi Sistem Informasi Akuntansi baru.
 Sebuah survei yang dilakukan oleh Institut Akuntan Manajemen (IMA) menunjukkan bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan sistem akuntansi adalah aktivitas yang paling penting yang dilakukan oleh akuntan perusahaan.

Teknologi Informasi dan Strategi Perusahaan
 Survei yang sama dilakukan oleh Institute of Management Akuntan (IMA) juga menunjukkan bahwa aktivitas pekerjaan kedua yang paling penting dari akuntan perusahaan adalah perencanaan strategis jangka panjang.
 Salah satu aspek penting dari topik ini adalah bagaimana menyelaraskan teknologi informasi (TI) dengan strategi organisasi

Penetapan CITP
 CITP: Teknologi Informasi Certified Professional
Mengidentifikasi  CPA yang memiliki berbagai pengetahuan teknologi dan cara di mana teknologi informasi (TI) dapat digunakan untuk mencapai tujuan bisnis
 Mencerminkan pengakuan AICPA tentang pentingnya dan hubungan timbal balik TI dengan akuntansi

Sepuluh Paling Penting Aktivitas Dilakukan Oleh Akuntan
1. Jangka panjang perencanaan strategis
2. Mengelola fungsi akuntansi dan keuangan
3. Sistem akuntansi dan pelaporan keuangan
4. Konsultasi internal
5. Penganggaran jangka pendek
6. 6. Proses perbaikan
7. 7. Komputer dan sistem operasi
8. 8. Evaluasi kinerja
9. 9. Nasabah dan analisis profitabilitas produk

Rantai Nilai
 Tujuan utama dari setiap bisnis adalah untuk memberikan nilai kepada pelanggan.
 Sebuah bisnis akan menguntungkan jika nilai itu menciptakan lebih besar dari biaya produksi produk atau jasa.
 rantai nilai Suatu organisasi terdiri dari sembilan kegiatan saling terkait yang secara kolektif menjelaskan segala hal.
 Kelima kegiatan utama terdiri dari kegiatan yang dilakukan dalam rangka menciptakan, pasar, dan memberikan produk dan layanan kepada pelanggan dan juga untuk memberikan layanan pasca-penjualan dan dukungan.
 Empat mendukung kegiatan dalam rantai nilai memungkinkan kegiatan utama yang akan dilakukan secara efisien dan efektif.
Sistem Nilai
 Konsep rantai nilai dapat diperpanjang dengan mengakui bahwa organisasi harus berinteraksi dengan pemasok, distributor, dan pelanggan.
 rantai nilai Suatu organisasi dan rantai nilai dari pemasok, distributor, dan pelanggan secara bersama membentuk suatu sistem nilai

Bagaimana Sebuah SIA Dapat Menambah Nilai Untuk Organisasi An
 Sebuah SIA menambah nilai ...
- Dengan memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga lima kegiatan rantai nilai utama dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Hal ini dilakukan oleh:
- Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk atau jasa.
Sebuah AIS bisa ...
- Meningkatkan efisiensi.
- Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan.
- Meningkatkan berbagi pengetahuan.
 Sebuah SIA yang dirancang dengan baik juga dapat membantu sebuah organisasi nirlaba dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas rantai suplai.
Informasi dan Pengambilan Keputusan
 Apakah informasi?
 Data merujuk pada setiap dan seluruh fakta-fakta yang dikumpulkan, disimpan, dan diproses oleh sistem informasi.
 Informasi adalah data yang telah diorganisir dan diproses sehingga bermakna.

 Apa yang membuat keputusan?
 Pengambilan keputusan melibatkan langkah-langkah berikut:
1 Mengidentifikasi masalah.
2 Pilih metode untuk memecahkan masalah.
3 Mengumpulkan data yang diperlukan untuk melaksanakan model keputusan.
4 Interpretasikan output dari model.
5 Mengevaluasi manfaat setiap alternatif.
6 Pilih dan melaksanakan solusi yang diinginkan.

Keputusan  dapat dikategorikan sebagai berikut:
- Dalam hal tingkat struktur yang ada
- Oleh ruang lingkup keputusan

Struktur Keputusan
 terstruktur keputusan berulang, rutin, dan dipahami cukup baik sehingga mereka dapat didelegasikan kepada karyawan tingkat bawah dalam organisasi.
Contohnya adalah:
 Memperluas kredit kepada nasabah.
 semistructured keputusan dicirikan oleh aturan lengkap untuk membuat keputusan dan kebutuhan untuk penilaian subjektif dan penilaian untuk melengkapi analisis formal data.
Contohnya adalah:
 Menetapkan anggaran pemasaran untuk produk baru.
 Unstructured keputusan tidak berulang dan tidak rutin.
Contohnya adalah:
 Memilih penutup untuk sebuah majalah.

Keputusan Ruang Lingkup
Keputusan  bervariasi dalam hal ruang lingkup pengaruh mereka.
 Operasional kontrol berkaitan dengan kinerja yang efektif dan efisien tugas tertentu.
 Manajemen pengendalian berkaitan dengan penggunaan efektif dan efisien sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.
 Perencanaan strategis berkaitan dengan menetapkan sasaran dan kebijakan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Teknologi Informasi dan Strategi Perusahaan
 baru perkembangan TI mempengaruhi desain sebuah AIS.
 Apa persyaratan dasar yang dibutuhkan untuk mengevaluasi biaya dan manfaat dari perkembangan baru TI?
 Mengembangkan pemahaman dasar ...
- Strategi perusahaan.
- Bagaimana perkembangan TI dapat digunakan untuk menerapkan strategi organisasi yang ada.
- Bagaimana perkembangan TI dapat digunakan untuk menciptakan kesempatan untuk mengubah strategi yang ada.
- Karena sebuah fungsi AIS dalam sebuah organisasi, maka harus dirancang untuk mencerminkan nilai-nilai dari budaya organisasi.

Strategi dan Posisi Strategis
- Dua Dasar Strategi
o Untuk menjadi produsen biaya lebih rendah daripada pesaing
o Untuk membedakan produk dan jasa dari pesaing

- Tiga Posisi Strategis Dasar
o posisi strategis Variety berbasis
o posisi strategis Butuh berbasis
o posisi strategis akses berbasis

 Peran apa yang dimainkan AIS dalam membantu organisasi mengadopsi dan mempertahankan posisi strategis?
- Pengumpulan data tentang masing-masing kegiatan
- Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan oleh manajemen untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan

Masa Depan AIS
 Internet membuat strategi lebih penting daripada sebelumnya
 Enterprise resource planning (ERP) sistem adalah perkembangan baru yang mengintegrasikan semua aspek operasi perusahaan dengan AIS tradisional.
 Yang penting yang mendasari sistem ERP adalah kebutuhan dan nilai integrasi lintas-fungsional data keuangan dan data lain operasi non finansial.

Friday, October 22, 2010

kredit yang diberikan

kredit : penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan peminjam (debitur) untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga, imbalan atau pembagian keuntungan

kredit sindikasi (dalam rangka pembiayaan bersama): kredit yang diberikan secara bersama sama oleh dua bank atau lebih atau perusahaan pembiayaan lainnya dengan pembagian dana, resiko, dan pendapatan(bunga dan provisi/komisi) sesuai share masing2 anggota sindikasi

penerusan kredit
a.channeling loan : kredit yang seluruh dananya berasal dari pemerintah atau pihak penyedia dana lainnya dan diberikan untuk sektor usaha/debitur tertentu yang ditetapkan oleh pihak penyedia dana
b.kredit kelolaan : kredit yang seluruh/sebagian dananya berasal dari pemerinta atau pihak penyedia dana lainnya dan sebagian berasal dari bank. bank bertindak sebagai pengelola atas seluruh kredit tersebut. sumber dana dan resiko kredit yang ditanggung bank ditetapkan berdasarkan perjanjian.

kredit yang dijamin (pemerintah/asuransi) : bagian kredit yang dananya berasal dari bank dan resiko kredit dijamin oleh pihak lain

kredit two step loans : kredit yang diberikan oleh bank yang seluruh dananya berasal dari luar negeri yang diterima pemerintah untuk membiayai pengembangan sektor usaha tertentu sesuai perjanjian antara pemerintah dan pemberi dana

kartu kredit : fasilitas kredit yang diberikan oleh bank yang penarikannya dilakukan melalui pembayaran transaksi jasa dan perdagangan serta penarikan tunai sampai jumlah tertentu

dasar pengaturan kredit berdasarkan pengertiannya
-adanya persetujuan/kesepakatan pinjam meminjam
-aktifitas kredit sebesar plafond yang disepakati
-jangka waktu tertentu
-pendapatan bunga atau imbalan atau pembagian keuntungan
-resiko
-jaminan dan/anggunan

jenis kredit berdasar tujuan penggunaan
-kredit investasi
-kredit modal kerja
-kredit konsumtif

berdsarkan kualitas
-kredit non performing
-kredit kurang lancar
-kredit diragukan
-kredit macet

kredit tidak langsung
-bank garansi
-kredit performing, lancar, dalam perhatian khusus
-L/C atau fasilitas lainnya

sifat kredit
a.aflopend
b.revolving

transfer dan inkaso

transfer adalah suatu jasa bank kepada nasabahnya, yaitu pelayanan berupa pengiriman uang dari suatu tempat ke tempat lain dengan perantaraan bank sesuai perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan perorangan atau badan usaha dan dapat dilakukan oleh nasabah maupun non nasabah.

transfer keluar : suatu perintah pembayaran yang dilakukan oleh bank ybs kpda cabang atay bank lain untuk membayar atau mengirim sejumlah dana atas permintaan dari nasabah atau bukan nasabah dari bank ybs.

jurnal
saat diterima dana untuk kiriman
kas/rekening
kewajiban segera-kiriman uang
saat dilakukan pembayaran kiriman uang
kewajiban segera-kiriman uang
kas/rekening

transfer keluar : suatu perintah yang diterima oleh bank ybs dari cabang atau bank lain untuk membayar atau mengkredit sejumlah dana bagi pihak2 yang telah ditentukan, yang dapat merupakan nasabah maupun bukan nasabah dari bank ybs.

jurnal
*saat diterima dana kiriman dari luar negeri
rekening
kewajiban segera-kiriman uang
*saat pembayaran hasil kiriman uang masuk
kewajiban segera-kiriman uang
kas/rekening


inkaso : salah satu jenis jasa bank yang diberikan oleh bank kepada pihak ke tiga atau nasabahnya untuk menagih piutang, penagihan dimaksud dilakukan oleh bank dengan menggunakan surat berharga atau surat tagihan seperti wesel, cek, dsb untuk kepentingan dan atas resiko pihak yang mempunyai tagihan

inkaso masuk : yaitu bank tertarik bersifat pasif

jurnal
*saat menerima tagihan dari bank lain dan dana mencukupi
rekening
kliring/RAK

inkaso keluar : bank pemberi amanat bersifat aktif

jurnal
*saat menerima warkat untk di inkaso
rek.lawan-warkat inkaso diterima
warkat inkaso yang diterima
*saat inkaso dinyatakan berhasil
warkat inkaso yang diterima
rek.lawan-warkat inkaso yang diterima
kliring/RAK
rekening/kas

kewajiban segera dan simpanan

KEWAJIBAN SEGERA

kewajiban segera : kewajiban bank kepada pihak lain yang sifatnya wajib segera dibayarkan sesuai dengan perintah pemberi amanat atau perjanjian yang ditetapkan sebelumnya.

kewajiban segera terdiri dari:
-penrimaan pajak termasuk potongan pajak yang masih harus disetor
-saldo rek tabungan dan giro yang sudah ditutup namun belum diambil olh pmilik rek
-dana yang diterima dri pmrntah/bank lain/pnydia dana lainnya namun belum disalurkan kpda debitur pnrima kredit
-dana transfr/kiriman uang masuk/keluar
-bunga yg sdah jtuh tempo dari deposito namun belum diambil nasabah
-setoran jaminan tunai/margin deposit yang telah jatuh tempo

JURNAL
1.transfer/kiriman uang
*pada saat diterima kiriman uang ke bank lain
kas/rekening
kewajiban segera-kiriman uang
*pembayaran kiriman uang
kewajiban segera-kiriman uang
kas/rekening

2.titipan pajak nasabah
*terima dana untk pnytoran pajak
kas/rekening
kewajiban segera-pajak nasabah
*saat kewajiban pajak disetor ke kkpn
kewajiban segera-pajak nasabah
kas/rekening

3. bunga yng sdah jtuh tmpo dri deposito
*pda saat pngakuan beban bunga deposito
beban bunga deposito
beban bunga deposito ymh dibayar
*pda ssat bunga dposito sdh jatuh tempo tpa blm diambil nasabah
beban bunga deposito ymh dibayar
kwjiban sgera-bunga deposito jatuh tempo
*pda saat bunga diambil nasabah
kwajiban segera-bunga deposito jtuh tempo
kas/rekening

4.penutupan rekening giro/tabungan
*pnutupan rekening giro olh nasabah atau bank
giro/tabungan
kwajiban segera-penutupan rekening
*pda saat pnylesaian pnutupan rekening
kewajiban sgera-pnutupan rekening
kas/rekening


SIMPANAN

simpanan : yang dipercayakan oleh masyarakat diluar bank kepada bank berdasarkan perjanjian penyimpanan dana

produk simpanan dinilai sbb:
-giro dinilai sebesar kwajiban bank kpda pmegang giro
-tabungan dinilai sebesar jml kwajiban bank kpda pmillik tabungan
-deposito dinilai sebesar jmlh pokok deposito yang tercantum dlm prjanjian bank dan nasabah
-sertifikat deposito dinilai sebesar nilai nominal dikurangi saldo bunga dibayar dimuka, selisih antara jmlah tunai yang diterima dan nilai nominal dinilai sebagai bunga dibayar dimuka dan diamortisasi selama jangka waktu sertifikat deposito

GIRO : simpanan pihak lain pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, kartu atm, sarana perintah pembayaran lain, atau pemindahbukuan
Pengakuan :
-transaksi giro diakui sebesar nominal penyetoran atau penarikan
-setoran tunai diakui saat uang diterima. setoran giro kliring diakui setelah efektif
-bank dapat memberikan jasa giro.
Penyajian:
-saldo giro disajikan sebesar kewajiban kepada giran
-saldo debet disajikan sbg bagian dri pos kredit

TABUNGAN : simpanan pihak lain kepada bank yang penarikannya hanya dapat dilakuakn menurut syarat tertentu yang disepakati
pengakuan:
-transaksi diakui sebesar nominal penyetoran atau penarikan
-setoran tunai diakui saat uang diterima, setoran kliring diakui setelah efektif
-bank memberikan bunga tabungan
Penyajian :
-saldo tabungan disajikan sebesar jmlh kewajiban bank kepada pemilik tabungan

DEPOSITO : simpanan pihak lain kepada bank yang penarikannya hanya dapat dilakuan pada waktu tertentu menurut perjanjian bank dengan nsabah
Pengakuan :
-transaksi diakui sebesar nilai nominal yang tercantum dalam bilyet deposito atau sebesar yang diperjanjikan
-setoran tunai diakui saat uang diterima, setoran kliring diakui setelah efektif
-bank memeberikan bunga deposito
penyajian :
-saldo deposito di sajikan sebesar jumlah nominalnya atau sebesar kewajiban bank yang diperjanjikan
-kewajiban bunga deposito yang blm jatuh tempo disajikan dlm akun bunga ymh dibayar

SERTIFIKAT DEPOSITO : simpanan pihak lain dalam bentuk sertifikat yang dapat dipindah tangankan/atas unjuk
Pengakuan :
-transaksi diakui sebesar nilai nominal yang tercantum dalam SD
-setoran tunai diakui sebesar nilai nominal dikurangi bunga dibayar dimuka(diskonto). setoran kliring diakui setelah efektif
-diskonto diamortisasi secara porposional selama jangka waktu SD
penyajian :
-SD disajikan sebesar jmlah nominal dikurangi sengan diskonto yang belum diamortisasi

JURNAL
1.pada saat penerimaan setoran
kas/rekening
giro/tabungan/deposito
2.pada saat penarikan
giro/tabungan
kas/rekening
3.penarikan dposito jatuh tempo
deposito
kas/rekening
4.pengakuan beban bunga giro/tabungan
beban jasa giro/bunga tabungan/deposito
jasa giro/bunga tabungan/deposito ymh dibayar
5.pembayaran jasa giro/bunga tabungan
jasa giro/beban bunga tab ymh dibayar
giro/tabungan
6.pembayaran bungan deposito
beban bunga deposito ymh dibayar
kas/rekening
7.penerbitan sertifikat deposito
kas/rekening
bunga dibayar dimuka
sertifokat deposito
8.amortisasi bunga dibayar dimuka SD
beban bunga SD
bunga dibayar dimuka

Kliring

Kliring manual
-kliring adalah mrupakan mekanisme prhitungan hutang piutang antara satu bank dengan bank lain karena transaksi yang diakibatkan oleh nasabah
-warkat kliring : sarana yang dipakai dalam lalu lintas pembyaran giral yang diperhitungkan dlm kliring dan biasanya terdiri atas cek, bilyet giro, Kiriman uang, nota debet, nota kredit, dan jenos warkat lain yang disetujui penyelenggara

Kliring otomatisasi : terjadinya pertukaran data secara elektronik melalui pemrosesan dengan mesin dalam bentuk standar yang telah diformat terlebih dahulu

pengelompokan nota/warkat kliring
a. nota debet keluar : warkat yang disetorkan oleh nasabah untuk keuntungan rekeningnya, bank penarik akan mendebit rek giro pada BI
b. nota debet masuk : warkat yang diterima oleh suatu bank atas cek sendiri yang telah ditari oleh nasabahnya, bank ini akan mengkredit rek giro pada BI

c. nota kredit masuk : warkat yang diterima oleh suatu bank untuk keuntungan rek bank tsb, bank pnerima warkat akan mendebit rek giro pada BI
d. nota kredit keluar : warkat dari nasabah sendiri untuk distorkan kpda nasabah bank lain, akan tercipta prhubungan giro bank yang menyrahkan warkat kpda bank lain akan mngkredit rek giro pada BI.

jenis kliring
-kliring umum
-kliring lokal
-kliring antar cabang

jurnal

*pada bank nasabah penerima cek bank lain
1. BI Giro
Wrkat kliring
2. warkat kliring
giro nasabah bank penerima cek bank lain

*pada bank nasabah pembayar
1. giro pembayar
BI giro

laporan keuangan bank

fungsi bank
1. menghimpun dana dari masyarakat
2. memberikan kredit
3. menerbitkan dan menjual surat berharga
4. memindahkan uang
6. menyediakan tempat untuk penyimpanan surat berharga

kerekteristik perbankan
-mengandalkan kepercayaan masyarakat
-sebagian besar merupakan monetary asset
-obyek yang diperdagangkan adalah uang
-jenis mata uang bnyak
-nilai mata uang berbeda dan cepat berubah
-bergerak di bidang jasa dngn frekuensi tinggi
-perlu menjaga likuiditas
-memiliki jaringan cabang yang banyak

kegiatan transakasi bank
a.rupiah
b.valas

dampak kegiatan bank
-biaya bunga
-pendapatan bunga
-biaya dan pendapatan non bunga
-resiko dan potensi resiko (resiko kresit, pasar, operasional)

perlunya akuntansi perbankan
a.mengingat karakteristik dan guna menjaga kepercayaan masyarakat shg mngikuti prkmbngn usha bank dngn wajar, maka diprlukan info keuangan bank
b.informsi keuangn bank disusun brdasarkan PSAK yng brlaku bgi semua prbankan di Indonesia
c.kseragaman dlm pnyjian lap keuangan bank
d.daya bangun laporan keuangan suatu bank dengan bank yang lain
e.PAPI ditrbitkan olh BI

jenis laporan bank
-neraca
-lap laba rugi
-lap perubahan ekuitas
-lap arus kas
-lap komitmen dan kontijensi

perbedaan antara manual dan computerisasi
a.manual
-semua pkrjaan dlakukan scra manual
-unsur mnusia mmgang pranan pnting
-kcrmatan dan ktepatan wktu pncttan sangat kritis
-pemisahan pekrjaan

b.komputerisasi
-key in transaksi
-kcrmatan dan ktetapan wktu pncatatan trjamin kmputer
-unsur yng pling kritis : program yng dgunakan, GIGO, hardware

ISTILAH
Aktiva produktif : penanaman dana bank baik dalam rupiah maupun mata uang asing yang diharapkan mampu menghasilkan pndaptan pda bank

kredit performing : AP yang kualitasnya tergolong Lancar dan Dalam Perhatian Khusus

Kredit non performing : AP yang kualitasnya tergolong Kurang Lancar, Diragukan, dan Macet

Komitmen : ikatan atau kontrak berupa janji yang tidak dapat dibatalkan secara sepihak dan harus dilaksanakan apabila persyaratan yang disepakati bersama dipenuhi

kontijensi : kondisi atau situasi dengan hasil akhir berupa keuntungan/kerugian yang baru dapat dikonfirmasikan setelah terjadinya satu peristiwa atau lebih pda msa yng akn dtng

AKUN DALAM LAPORAN KEUANGAN
aktiva tidak menghasilkan:
-kas
-giro pada BI
-giro pda bank lain
aktiva produktif:
-pnempatan pda bank
-kredit
-surat berharga
-penyertaan
-tagihan debt
aktiva tetap:
-peralatan
-gedung
-tanah
aktiva lain lain:
-pos debet dalam penyelesaian
-saldo debet rek antar kantor (netto)

pasiva-kewajiban segera:
-kiriman uang
-setoran jaminan
-simpanan sementara
-pasiva lain2
dana pihak ketiga
-giro
-tabungan
-deposito
-sertifikat deposito
-pinjaman yang diterima
-kewajiban derivatif
modal cadangan dan rugi laba

biaya :
-biaya operasional (bunga, provisi, tenaga kerja, pnyusutan)
-biaya non operasional

pendapatan
-pendapatan operasional (bunga, provisi)
-pndptan non operasional


PROSES AKUNTANSI BANK

akuntansi : proses kegiatan dari pencatatan, pngklasifikasian, pengikhtisaran, dan penganalisaan dengan cara yang lazim dan dalam satuan uang atas transaksi dan kejadian yang setidaknya mempunyai sifat keuangan, serta pengintrapretasian hasil pnctatan tsb

akuntansi : suatu seni dalam mencatat, mnggolongkan, mngikhtisarkan, mlaporkan, serta menganalisis transaksi finansial yang dilakuakn prusahaan

dasar pengaturan akuntansi
A.umum
-pasal 6 KUHD
-AD perusahaan
-peraturan dari institusi lain
B.khusus
-PSAK 31 revisi 2001
-PAPI revisi 2001
-PSAK no 50, 55 revisi 2006
-PAPI revisi 2008

PAPI revisi 2001
-merupakan pnjelasan dari PSAK no 31 tntang 'akun perbankan'
-mnjlaskan pdoman akuntansi stiap akun/pos dngn urutan berikut : definisi, dasar pngaturan, prlakuan akuntnsii, ilustrasi jurnal, pengungkapan

SISTEM PENCATATAN


Pembukuan
1. ekstra comptable : pnctatan yg tdk mlalui mknisme pnjurnalan. tujuannya mlengkapi pmbukuan intra comptabel, krn tdk smua pmbukuan intra dpt diperinci
2.intra comptabel : pncatatan transaksi keuangan ke rekening melalui mekanisme penjurnalan, brdampak pada harta, hutang, dan modal bank, baik langsung maupun tdk lngsung
-a. ON BALANCE SHEET : pmbukuan/transaksi keuangan yg scara langsung mmpengaruhi Harta, utang modal. c/: aktiva, pasiva, kewajiban, modal, cadangan labarugi, beban, pndapatan
-b. OFF BALANCE SHEET : pmbukuan/pnctatan transaksi keuangan yg tdk scra lngsung mmpengaruhi harta utang modal dan baru mmpengaruhi jika transaksi tsb direalisasi. c/: komitmen, kontijensi, memo


NERACA
-aktiva dan kewajiban disusun menurut tingkat likuiditas dan jatuh tempo
-aktiva produktif -> offseting account

INCOME STATEMENT
-pndptan/beban yg brasal dri kgiatan utama bank
-dirinci unsur pndptn dn bank
-dibedakan pndptna/beban dri kegiatan operasional/non operasional

LAPORAN GABUNGAN DAN KONSOLIDASI
-saldo rekening antar kntor pda lap gabungan dieliminasi
-lap konsolidasi u/ bank yg mmpnyai saham >50% atas prusahaan/Lmbga keu lainnya
-saldo rek antr prusahaan pda lap konsolidasi dieliminasi